South Korea Trip #2 - Everland

5:45 PM

Hari ketiga di Seoul, kami menghabiskan waktu seharian di Everland. Lokasi theme park ini lumayan jauh dari kota (sekitar 40-50 menit dari Seoul menggunakan shuttle bus). Supaya aman, lebih baik booking shuttle bus dulu via telepon ke tour agent. Nanti pembayaran dilakukan tunai saat mau naik shuttle bus. Kami naik dari Hongik University Station jam 09:05 pagi dan sampai di Everland sekitar jam 10 an. Dari bus stop kita masih harus naik bus Everland lagi untuk masuk ke area theme park-nya.

Everland ini ternyata agak beda dari bayangan saya tentang theme park. Saya selalu mikir kalau theme park itu ya wahana dan parade tok. Everland ini justru semacam gabungan antara theme park dan kebun binatang! Jadi ada beberapa binatang seperti panda, musang, anjing laut dan mereka juga punya Lost Valley Safari Adventure dimana kita akan dibawa mengitari area kebun binatang dengan kendaraan amphibi (busnya bisa berubah jadi kapal waktu lewat sungai). Sayangnya wahana ini antriannya panjang banget, jadi saya skip deh.

Wahana yang grup saya naik bareng itu Rotating House dan Amazon Express. Rotating House sempet bikin saya agak males karena saya gamau naik extreme rides, tapi lihat ada anak kecil naik jadi yaudah deh.. Ternyata worth naik ini! Efeknya menarik, dibuat seolah-olah rumahnya bener-bener muter 360 derajat (ga ada ekstrim-ekstrimnya ternyata). A must ride!  Amazon Express semacam arung jeram tapi lucunya si keretanya ada selimutnya supaya kita ga terlalu basah. Ujung-ujungnya tetap basah sih kalau airnya masuk ke tempat duduk. Antriannya lumayan panjang, kalau kalian lebih senang wahana ekstrim mungkin ini bisa di skip.

Wahana utama yang wajib dicoba disini : T-Express.

Roller coaster ini track-nya dibuat dari kayu! Dinobatkan sebagai steepest wooden roller coaster in the world, wahana ini jadi daya tarik banget buat para adrenaline seeker. Katanya sih kecepatannya sampai 104 km per jam. Saya naik ga? Tentunya TIDAK. Naik Tower of Terror di Disneysea (read : Japan Trip #6 - Happiest Place on Earth : Disneysea Tokyo!) aja kapok hahaha. Antriannya lumayan panjang, tapi menurut saya sayang kalau kalian skip ini (kecuali kalian memang ga suka wahana semacam ini). Dua teman saya antri untuk naik ini dan komentarnya : "OK kok! Ga separah keliatannya. Tapi panjang banget aja sampe udah gaada tenaga buat teriak. Rasanya ga abis-abis gitu Bryn!". Tertarik naik wahana ini?

Waktu saya main ke sana sedang ada kolaborasi antara Samsung dan Everland juga. Mereka buat wahana Virtual Reality. Wahana ini cukup menarik dan saya sempet mau naik (walaupun ternyata perlu bayar tambahan sekitar 5,000 KRW). Sayangnya saya kesorean dan sudah full booked VR slot nya sampai jam tutup.

T-Express

Tempat makan juga beragam di Everland. Bisa dipilih mau makan berat atau sekedar nyemil dan ngopi. Sayangnya memang sampai saya kesana belum ada restoran bersertifikasi halal. Berhubung lokasi theme park ini agak jauh dari kota, mungkin lebih aman kalau bawa makanan halal dari luar taman (misalnya roti). Teman saya yang muslim akhirnya makan pizza yang isinya sayur semua di sini. Selain itu sebenarnya ada juga yang pakai seafood yang mungkin bisa jadi opsi.

Beres makan siang waktu itu grup kami pisah jalan. Dua teman saya antri untuk Double Rock Spin dan T-Express, dua yang lain ke Thunder Falls (kalau di Dufan namanya Niagara). Saya muter sendiri untuk foto-foto.

Kalau kalian mirip saya (gasuka main ekstrim-ekstrim), Everland ini bisa jadi tempat sightseeing kok. Area taman bermain ini cukup besar untuk jalan-jalan seharian. Mereka punya beberapa taman bunga yang bisa dikunjungi. Taman tulipnya super cantik! Selain itu paradenya juga OK kok. Parade mereka agak mirip sama Disneyland (pakai kereta dan banyak karakter lucu) walaupun menurut saya ga se menarik Disney karena saya ga kenal karakter yang dikeluarkan di sini. Bisa belanja juga di Line Shop kalau mau mampir.

Banyak juga anak kecil yang ekspresinya selalu menarik buat difoto hehehe.. Lucu banget di sini saya lihat ada gerombolan anak kecil yang jalan bareng sama gurunya. Mereka pakai high visibility vest dan jalannya dalam barisan berdua-dua sambil gandengan. Untuk kalian yang bawa anak kecil, bisa pinjam stroller di customer service dekat pintu masuk. Ada beberapa opsi stroller yang bisa dipilih dengan harga sewa yang beda-beda.

Satu yang saya sangat lihat beda sama anak-anak di Indonesia adalah anak kecil di Korea itu dandanannya gemes-gemes. Mereka bisa gitu betah dipakein kacamata hitam dan aksesoris-aksesoris sama ibunya (kalau di Indonesia mungkin anaknya lebih ga betahan terus kacamatanya dilempar hmm..) mungkin karena dibiasakan dari kecil. Kalau kata Prisa (lagi-lagi mbak ahli Korea ngasih ilmu) dandanan anak-anak kecil ini adalah kebangaan ibunya. Makin stylish anaknya, ibunya dianggap makin stylish juga. Terus ya.. mereka tuh gampang banget disuruh gaya kalau foto. Misalnya si anak berkacamata hitam di foto bawah ini, ditaruh berdua sama temannya di bangku terus ibunya teriak "Saranghae!" terus mereka gaya gitu sambil lihat kamera. Gemesin banget!

Untuk yang suka naik cable car, ada di Everland! Kami kemarin antri untuk naik di sore hari dan lumayan ramai. Setahu saya dua wahana yang pasti akan ramai di sore hari sampai malam itu cable car dan bianglala (kami gagal naik bianglala).

T-Express view dari Cable Car

Let's Twist view dari Cable Car

Double Rock Spin view dari Cable Car

Kami harus pergi sebelum matahari terbenam karena shuttle bus untuk kembali ke kota terbatas. Saya lupa persisnya jam berapa (maaf ya lupa nyatet) tapi penting banget untuk inget-inget jam bus terakhir. Di bus stop ada beberapa bus dengan tujuan beda-beda dan kalian ga wajib kembali ke tempat awal dijemput shuttle bus kok. Jadi kalau misal awalnya dijemput di Sinchon terus mau main ke Myeong-dong atau Gangnam habis dari Everland juga bisa. Kami pergi ke Dongdaemun dari Everland dan makan malam Samgyetang disana. Eh agak out of topic, tapi wajib banget cobain Samgyetang (ayam ginseng) ya kalau ke Korea Selatan!

Kalau dilihat-lihat, sebenarnya Everland ini mirip Dufan tapi versi lebih besar, ada kebun binatang, taman bunga dan paradenya (Eh, Dufan itu ga ada parade kan?).  Wahana-nya sebenarnya mirip-mirip kok. Sistem antriannya juga sama. Kalau ditanya, apakah saya akan recommend orang untuk ke sini? Yes for Seoul's first timers! Kalau sudah pernah, silahkan judge sendiri apakah kamu suka wahananya atau tidak. Saya pribadi merasa cukup satu kali ke sini karena mainan-nya dan parade-nya kurang ngena untuk saya.